Santap Siang Berkesan di Aroma Kasongan

IMG_8712Tinggal di daerah selatan Yogyakarta, tidak membuat saya kekurangan tempat untuk makan enak dan menyenangkan. Ada beberapa tempat menarik yang bisa dijadikan rujukan, salah satunya adalah Aroma Kasongan. Restoran bertema suasana pedesaan ini memberikan ketenangan dan keteduhan saat bersantap siang. Beberapa sudut ruangannya dihiasi oleh tetumbuhan dan pohon kamboja yang berpadu cantik dengan interior lawas berbahan kayu. Apalagi bagian belakang restoran ini berbatasan langsung dengan areal persawahan yang menghijau dan menyegarkan mata. Sangat cocok bagi yang merindukan suasana kampung halaman yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Siang itu, bersama dengan seorang kawan, saya bersantap dan menghabiskan waktu saya di sana, menghirup bau padi yang khas dan merasakan angin semilir yang mengusir gerah. Menyajikan menu nusantara dari beberapa daerah di Indonesia, makanan di sini sama sekali tidak menggunakan MSG dalam pengolahannya. Salah satu yang menjadi favorit pelanggan adalah carrot cake. Namun, saya tidak berkesempatan untuk mencicipinya karena cake tersebut belum siap dihidangkan siang itu. Sebagai gantinya, kami masing-masing memesan Nasi Campur Vegetarian dan Nasi Campur Sate Lilit Tuna, serta pisang goreng sebagai penutup.

Nasi Campur Vegetarian dan Nasi Campur Sate Lilit Tuna hampir sama isinya, yang membedakan hanyalah lauknya. Untuk menu vegetarian, lauknya adalah tempe goreng. Sedangkan untuk menu non-vegetarian lauknya diganti dengan sate lilit berbahan ikan tuna. Dua-duanya disajikan di atas piring rotan yang dialasi dengan daun pisang dan terdiri dari nasi putih yang ditaburi bawang merah goreng, pecel sayuran, kari sayuran, oseng tempe jamur, sayur lodeh, bakwan, dan sambal merah. Sangat komplit dan mengenyangkan.

Soal rasa, itu masalah selera. Untuk sebuah menu makan sehat, rasa yang tercipta halus dan pas. Rasa asin dan manisnya sangat dijaga, tidak pekat di lidah, sehingga yang dominan muncul adalah ramuan bumbu rempahnya. Untuk tamu asing yang menjadi pelanggan di sini, cita rasa ini cocok bagi lidah mereka.

Sebagai tempat makan bernuansa alam, Aroma Kasongan bisa menjadi pilihan favorit bagi mereka yang sejenak ingin menikmati suasana pedesaan dengan pemandangan sawah menghampar dan menu makanan rumahan yang menyehatkan. Silakan datang dan cicipi menu masakan dan rasakan suasananya di Jl. Kasongan Raya 69, kira-kira 250m ke arah barat gerbang Desa Wisata Kasongan. Jam buka mulai pukul 10.30 pagi sampai pukul 6 petang. Untuk weekend, restoran ini buka sampai pukul 7 malam dan tutup setiap hari Selasa. Ikuti akun Instagramnya (@aromakasongan) untuk mendapat info yang lebih lengkap.

  • Nasi Campur Vegetarian: 25K
  • Nasi Campur Sate Lilit Tuna: 30K
  • Javanese Oranges Drink: 13K
  • Pisang Goreng: 15K
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s